Senin, 25 April 2011

asuhan keperawatan pasien FARINGITIS


FARINGITIS

  1. Pengertian
Faringitis (dalam bahasa Latin; pharyngitis), adalah suatu penyakit peradangan yang menyerang tenggorok atau faring yang disebabkan oleh bakteri atau virus tertentu. Kadang juga disebut sebagai radang tenggorok.

  1. Epidemologi
Faringitis terjadi pada semua umur dan tidak dipengaruhi jenis kelamin, tetapi frekuensi yang paling tinggi terjadi pada anak-anak. Faringitis akut jarang ditemukan pada usia di bawah 1 tahun. Insidensinya meningkat dan mencapai puncaknya pada usia 4-7 tahun, tetapi tetap berlanjut sepanjang akhir masa anak-anak dan kehidupan dewasa. Kematian yang diakibatkan faringitis jarang terjadi,tetapi dapat terjadi sebagai hasil dari komplikasi penyakit ini.

  1. Etiologi
Faringitis bisa disebabkan oleh virus maupun bakteri.Virus penyebab adalah :
·         Common cold
·         Flu
·         Adenovirus
·         Mononucleosis
·         HIV
Bakteri yang menyebabkan faringitis adalah :
·         streptokokus grup A,
·         korinebakterium,
·         arkanobakterium,
·         Neisseria gonorrhoeae atau Chlamydia pneumoniae

  1. Patofisiologi
Penularan terjadi melalui droplet. Kuman menginfiltrasi lapisan epitel kemudian bila epitel terkikis maka jaringan limfoid superficial bereaksi terjadi pembendungan radang dengan infiltrasi leukosit polimorfonuklear. Pada stadium awal terdapat hiperemi, kemudian oedem dan sekresi yang meningkat. Eksudat mula-mula serosa tapi menjadi menebal dan cenderung menjadi kering dan dapat melekat pada dinding faring. Dengan hiperemi, pembuluh darah dinding faring menjadi lebar. Bentuk sumbatan yang berwarna kuning, putih, atau abu-abu terdapat pada folikel atau jaringan limfoid.Tampak bahwa folikel limfoid dan bercak-bercak pada dinding faring posterior atau terletak lebih ke lateral menjadi meradang dan membengkak sehingaa timbul radang pada tenggorok atau faringitis.

  1. Gejala Klinis.
Penyakit ini cenderung akut dengan disertai demam yang tinggi, sakit kepala, rasa nyeri di perut dan muntah-muntah. Tenggorokan terasa nyeri, amandel menjadi berwarna merah dan membengkak. Pada anak yang sudah lebih besar, akan terlihat adanya lapisan seperti krim di atas amandel (eksudat) yang tidak mengeluarkan darah bila disentuh. Kelenjar getah bening di leher sering membengkak dan terasa nyeri bila ditekan. Berbeda dengan faringitis virus, penderita faringitis streptokokus tidak mengalami rhinitis, suara serak atau batuk.




  1. Pemeriksaan
1.      Pemeriksaan fisik
    • Inspeksi : kemerahan pada faring,adanya pembengkakan di daerah leher
    • Palpasi : adanya kenaikan suhu pada bagian leher, adanya nyeri tekan
    • TTV : suhu tubuh mengalami kenaikan, nadi meningkat, dan napasnya cepat.
2.      Pemeriksaan diagnostik.
·         Kultur dan uji resistensi
·         Pemeriksaan serologic
·         Pemeriksaan sputum untuk mengetahui basil tahan asam
·         Fotothorak untuk melihat adanya tuberkolusis paru
·         Biopsi jaringan untuk mengetahui proses keganasan serta mencari basil tahan asam di jaringan.

  1. Tindakan penanganan
·         Untuk faringitis virus penanganan dilakukan dengan memberikan aspirin atau asetaminofen cairan dan istirahat baring. Komplikasi seperti sinusitis atau pneumonia biasanya disebabkan oleh bakteri karena adanya nekrosis epitel yang disebabkan oleh virus sehingga untuk mengatsi komplikasi ini dicadangkan untuk menggunakan antibiotika.
·         Untuk faringitis bakteri paling baik diobati dengan pemberian penisilin G sebanyak 200.000-250.000 unit, 3-4 kali sehari selama 10 hari. Pemberian obat ini biasanya akan menghasilkan respon klinis yang cepat dengan terjadinya suhu badan dalam waktu 24 jam. Erritromisin atau klindamisin merupakan obat alin dengan hasil memuaskan jika penderita alergi terhadap penisilin. Jika penderita menderita nyeri tenggorokan yang sangat hebat, selain terapi obat, pemberian kompres panas atau dingin pada leher dapat membantu meringankan nyeri. Berkumur-kumur dengan larutan garam hangat dapat pula meringankan gejala nyeri tenggorokan dan hal ini dapat disarankan pada anak-anak yang lebih besar untuk dapat bekerja sama.

  1. Komplikasi
·         Penyakit ini, jika dibiarkan sampai menjadi berat, dapat menimbulkan radang ginjal (glomerulonefritis akut),
·         demam rematik akut,
·         otitis media (radang telinga bagian tengah),
·         sinusitis,
·         abses peritonsila dan abses retropharynx (radang di sekitar amandel atau bagian belakang tenggorokan yang dapat menimbulkan nanah).

  1. Klasifikasi
Berdasarkan lama berlangsungnya;
·         Faringitis akut, adalah radang tenggorok yang disebabkan oleh virus dan bakteri yaitu streptokokus grup A dengan tanda dan gejala mukosa dan tonsil yang masih berwarna merah, malaise, nyeri tenggorok dan kadang disertai demam dan batuk. Faringitis ini terjadinya masih baru,belum berlangsung lama.
Faktor predisposisi:
-          Rinitis kronis
-          Sinusitis
-          Iritasi kronik pada perokok dan peminum alcohol
-          Inhalasi uap pada pekerja dan laboratorium
-          Orang yang sering bernafas dengan mulut karena hidungnya tersumbat.
    1. Faringitis kronis hiperplastik
-          Gejala :
·         Pasien mengeluh gatal ditenggorokan
·         Berasa kering
·         Berlendir
·         Kadang-kadang ada batuk
-          Terapi:
·         Dicari dan diobati adanya penyalkit kronis dihidung dan sinus paranasal.
·         Terapi lokal dengan menggosokkan zat kimia (kaustik) yaitu : larutan nitres argenti atau albotil maupun dengan listrik (elektrocauter)
·         Secara simptomatik, diberikan obat isap / kumur dan obat batuk
    1. Faringitis kronis atropi (faringitis sika)
·         Gejala dan tanda :
-          Pasien mengeluh tenggorokan kering dan tebal
-          Mulut berbau
-          Pada pemeriksaan tampak mukosa faring terdapat lendir yang melekat
-          Jika lendir diangkat mukosa tampak kering
·         Terapi:
-          Sama dengan rinitis atropi
-          Pemberian obat kumur
-          Penjagaan hygiene mulut
-          Obat simptomatik

  1. Faringitis kronis, radang tenggorok yang sudah berlangsung dalam waktu yang lama, biasanya tidak disertai nyeri menelan, cuma terasa ada sesuatu yang mengganjal di tenggorok.Faringitis kronis umumnya terjadi pada individu dewasa yang bekerja atau tinggal dalam lingkungan berdebu,menggunakan suara berlebihan, menderita batu kronik, dan kebiasan menkonsumsi alcohol dan tembakau.Faringitis kronik dibagi menjadi 3, yaitu:
    1. Faringitis hipertrofi,ditandai dengan penebalan umum dan kongesti membrane mukosa
    2. Faringitis atrofi kemungkinan merupakan tahap lanjut dari jenis pertama (membrane tipis, keputihan,licin dan pada waktunya berkerut).
    3. Faringitis granular kronik terjadi pembengkakan folikel limfe pada dinding faring

Berdasarkan agen penyebab:
    1. Faringitis Virus
    2. Faringitis Bakteri.











ASUHAN KEPERAWATAN

  1. PENGKAJIAN

    1. Data Dasar
·         Identitas Pasien (nama, jenis kelamin, umur, status perkawinan, agama, suku bangsa, pendidikan, bahasa yang digunakan, pekerjaan, alamat, diagnosa medis, sumber biaya, dan sumber informasi).
·         Identitas Penanggung ((nama, jenis kelamin, umur, status perkawinan, agama, suku bangsa, pendidikan, bahasa yang digunakan, pekerjaan, alamat, dan hubungan dengan pasien)

    1. Riwayat Keperawatan, meliputi :
·         Riwayat Kesehatan Sekarang
Mengkaji data subjektif yaitu data yang didapatkan dari klien, meliputi:
-          Alasan masuk rumah sakit
-          Pasien mengatakan terasa nyeri di leher dan mengatakan sakit saat menelan.
Keluhan utama:
-          Pasien mengatakan nyeri dan merasa tidak nyaman pada daerah leher
-          Pasien mengatakan mual dan muntah.
-          Pasien mengatakan sakit saat menelan
Kronologis keluhan: Pasien mengeluh nyeri di leher

·         Riwayat Kesehatan Masa Lalu
Mengkaji apakah sebelumnya pasien pernah mengalami sakit yang sama atau yang berhubungan dengan penyakit yang saat ini diderita. Misalnya, sebelumnya pasien mengatakan pernah mengalami infeksi pada saluran tenggorokan dan pernah menjalani perawatan di RS
·         Riwayat Kesehatan Keluarga
Mengkaji apakah dalam keluarga pasien ada/tidak yang mengalami penyakit yang sama.
·         Riwayat Psikososial dan Spiritual
Mengkaji orang terdekat dengan pasien, interaksi dalam keluarga, dampak penyakit pasien terhadap keluarga, masalah yang mempengaruhi pasien, mekanisme koping terhadap stres, persepsi pasien terhadap penyakitnya, tugas perkembangan menurut usia saat ini, dan sistem nilai kepercayaan.
·     Data Bio-Psiko-Sosial-Spiritual

Dikaji 14 kebutuhan dasar manusia menurut Virginia Handerson, seperti :
-          Bernafas
Dikaji apakah pasien mengalami gangguan pernafasan, sesak, atau batuk, serta ukur respirasi rate.
-          Makan
Dikaji apakah klien menghabiskan porsi makan yang telah disediakan RS, apakah pasien mengalami mual atau muntah ataupun kedua-duanya.
-          Minum
Dikaji kebiasaan minum pasien sebelum dan saat berada di RS, apakah ada perubahan (lebih banyak minum atau lebih sedikit dari biasanya).
-          Eliminasi
Dikaji pola buang air kecil dan buang air besar. Terutama difokuskan tentang apakah pasien cenderung susah dalam buang air kecil (kaji kebiasaan dan volume urine) atau mempunyai keluhan saat BAK.
-          Gerak aktivitas
Dikaji apakah pasien mengalami gangguan/keluhan dalam melakukan aktivitasnya saat menderita suatu penyakit (dalam hal ini adalah setelah didiagnosa mengalami Faringitis) atau saat menjalani perawatan di RS.
-          Istirahat/tidur
Dikaji apakah pasien mengalami gangguan pola tidur akibat penyakitnya, misalnya gelisah dan tidak bisa tidur nyenyak saat merasa nyeri di leher.
-          Pengaturan suhu tubuh
Dikaji/ukur TTV pasien untuk mengetahui keadaan umum pasien, apakah pasien mengalami demam atau tidak. Selain itu, observasi kondisi pasien mulai dari ekspresi wajah sampai kulit, apakah kulitnya hangat atau kemerahan, wajahnya pucat atau tidak.
-          Kebersihan diri
Dikaji kebersihan pasien saat dirawat di RS, bila perlu libatkan keluarga pasien dalam melakukan perawatan diri pasien, misalnya saat mandi dan sebagainya.
-          Rasa nyaman
Dikaji kondisi pasien yang berhubungan dengan gejala-gejala penyakitnya, misalnya pasien merasa nyeri di perut bagian bawah (dikaji dengan PQRST : faktor penyebabnya, kualitas/kuantitasnya, lokasi, lamanya dan skala nyeri)
-          Rasa aman
Dikaji apakah pasien merasa cemas akan setiap tindakan keperawatan yang diberikan kepadanya, dan apakah pasien merasa lebih aman saat ditemani keluarganya selama di RS.
-          Sosial dan komunikasi
Dikaji bagaimana interaksi pasien terhadap keluarga, petugas RS dan lingkungan sekitar (termasuk terhadap pasien lainnya).
-          Pengetahuan
Dikaji tingkat pengetahuan pasien tentang penyakitnya yang diderita saat ini dan terapi yang akan diberikan untuk kesembuhannya.
-          Rekreasi
Dikaji apakah pasien memiliki hobi ataupun kegiatan lain yang ia senangi.
-          Spiritual
Dikaji bagaimana pendapat pasien tentang penyakitnya, apakah pasien menerima penyakitnya adalah karena murni oleh penyakit medis ataupun sebaliknya.
·         Pengkajian Fisik, meliputi :
-          Keadaan Umum, yaitu dengan mengobservasi bentuk tubuh, warna kulit, kesadaran, dan kesan umum pasien (saat pertama kali MRS)
-          Gejala Kardinal, yaitu dengan mengukur TTV (suhu, nadi, tekanan darah, dan respirasi)
-          Keadaan Fisik, yaitu melakukan inspeksi, palpasi, perkusi, dan auskultasi dari kepala sampai anus, tapi lebih difokuskan pada bagian leher
-          Pemeriksaan Penunjang, yaitu dari hasil pemeriksaan laboratorium dengan uji kultur dan uji resistensi
·         Anamnesa
Adanya riwayat merokok,adanya riwayat streptokokus,dan yang penting ditanyakan apakah klien pernah mengalami nyeri/lesi pada mulut (nyeri saat menelan)



  1. DIAGNOSA KEPERAWATAN
·         Nyeri berhubungan dengan proses inflamasi pada tenggorokan.
·         Bersihan jalan napas tidak efektif berhubungan dengan dengan sekret yang kental ditandai dengan kesulitan dalam bernafas,
·         Ketidakseimbangan nutrisi kurang dari kebutuhan tubuh berhubungan dengan kesulitan menelan
·         Kurang pengetahuan berhubungan dengan tidak familiar dengan sumber informasi.

  1. INTERVENSI

No
Diagnosa Kep
Tujuan & Kriteria Hasil
Tujuan

Rasional
1
Nyeri berhubungan dengan proses inflamasi pada tenggorokan
  1. Setelah diberikan asuhan keperawatan diharapkan nyeri pasien berkurang Dengan kriteria hasil:
·         nyeri pasien berkurang dari skala 5 menjadi 3
·         Pasien tidak tampak meringis
·         TTV normal
·         Nadi:60-100 x permenit
·         RR:16-20 x permenit
·         TD:100-140/60-90 mmHg
·         Suhu:36,8-37,2 C

  1. Kaji ulang tingkat nyeri
  2. Ajarkan teknik relaksasi
  3. Kaji TTV
  4. Kolaborasi dalam pemberian analgetik
  1. Agar tepat dalam memilih tindakan untuk mengatasi nyeri
  2. Meningkatkan relaksasi dan mengurangi nyeri
  3. Untuk mengetahui keaadaan umum pasien
  4. Untuk mengurangi nyeri
2
Bersihan jalan napas tidak efektif berhubungan dengan dengan sekret yang kental ditandai dengan kesulitan dalam bernafas,

  1. Pasien dapat mengeluarkan sputum
  2. Pasien mengatakan dapat bernapas dengan lancar


  1. Identifikasi kualitas atau kedalaman nafas pasien
  2. Anjurkan untuk minum air hangat.
  3. Ajari pasien untuk batuk efektif
  4. Kolaborasi untuk pemberian ekspektoran
  1. Untuk mengetahui keadaan napas pasien
  2. Untuk mencairkan sputum agar mudah dikeluarkan
  3. Untuk melegakan saluran pernapasan
  4. Untuk mengencerkan dahak

3
Ketidakseimbangan nutrisi kurang dari kebutuhan tubuh berhubungan dengan kesulitan menelan

  1. Pasien mengatakan tidak sakit dalam menelan makanan
  2. Pasien makan dengan lahap
  3. Nafsu makan pasien meningkat
  4. Pasien nampak lebih segar
  1. Kaji intake makanan pasien
  2. Anjurkan pasien untuk makan makanan yang tinggi kalori dan serat
  3. kolaborasi dengan ahli gizi
  1. Untuk mengetahui adanya peningkatan nafsu makan
  2. Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pasien
  3. Untuk mendapatkan menu makanan yang sesuai dengan kebutuhannya

4
Kurang pengetahuan berhubungan dengan tidak familiar dengan sumber informasi.

  1. Pasien dapat menyebutkan kembali apa yang dijelaskan perawat
  2. Pasien mengangguk dan nampak mengerti
  3. Pasien mengatakan mengerti
  1. Kaji tingkat pengetahuan pasien
  2.  Lakukan BHSP
  3. Berikan Health Education
  4. Lakukan evaluas
  1. Untuk mengetahui seberapa tahu pasien akan penyakitnya
  2. Agar pasien percaya terhadap perawat
  3. Untuk menambah pengetahuan dan informasi tentang penyakitnya
  4. Untuk mengetahui daya tangkap pasien setelah diberikan HE








DAFTAR PUSTAKA

Brunner & Suddarth. 2002. Keperawatan Medikal Bedah Vol. 2. Edisi 8. Jakarta: EGC
Carpenito, Lynda Jual. 2002. Buku Saku Diagnosis Keperawatan. Edisi 10. Jakarta : EGC
http://www.zimbio.com/member/thedfiz/articles/vzPIjBAscq9/ASUHAN+KEPERAWATAN+PASIEN+DENGAN+FARINGITIS


1 komentar: